OLAHRAGA, TIMELINES.ID– Permainan bola voli tentu bukanlah hal yang asing buat kamu. Benar kan Grameds? Permainan yang setiap timnya terdiri dari enam orang ini memang tidak sepopuler sepak bola. Namun, olahraga ini juga banyak digemari oleh masyarakat kita.

Teknik Dasar dan Cara Bermain Bola Voli 

Untuk mulai belajar cara main voli, anak juga perlu tahu apa saja teknik dasar bola voli yang perlu dikuasai. Untuk cara main voli putri tidak ada perbedaan dengan cara main voli tim putra. Ibu bisa memberi tahu teknik permainan bola voli berikut ini:

Servis. Servis adalah teknik gerakan untuk mengirim bola awal ke area lapangan tim lawan yang dilakukan di belakang garis servis. Untuk melakukan servis, seorang pemain harus memegang bola voli dengan satu tangan dan melemparnya ke atas sedikit lalu memukulnya dengan sisi tangan lainnya. Tipe servis beragam, ada servis floater, servis jump float, dan servis topspin.

Passing. Passing adalah teknik dalam bola voli yang bertujuan untuk mengendalikan bola setelah bola lawan masuk area lapangan tim. Untuk melakukan passing, pemain bisa melakukan passing atas dan passing bawah.

Biasanya pemula melakukan passing bawah dengan merapatkan kedua tangan, lalu kedua lengan diposisikan di depan tubuh untuk menerima, memblok, atau mengoper bola.1

Hitting/Spike.Hitting atau spike atau yang sering disebut smash adalah salah satu teknik dalam permainan bola voli dengan cara melakukan serangan bola secara keras ke lapangan lawan sehingga dapat mencetak skor saat bola tidak dapat dikendalikan oleh tim lawan.

Pemain yang melakukan teknik ini dinamakan spiker dan untuk mendapatkan pukulan bola yang akurat, spiker akan melompat ke atas sambil memukul bola yang posisinya di atas kepala mereka.

Blocking. Blocking adalah teknik bertahan yang bertujuan menghentikan bola dari serangan tim lawan dengan menempatkan diri di tengah-tengah lapangan lawan dan melompat ke atas sambil menempatkan kedua tangan di atas kepala untuk menghalangi bola.1