PANGKALPINANG, TIMELINES.ID — Mahasiswa Program Studi Konservasi Sumber Daya Alam (Prodi KSDA) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) kembali menggelar sosialisasi di SD Muhammadiyah Pangkalpinang dengan mengusung tema “Mengajarkan Anak-Anak tentang Konservasi Lingkungan Melalui Ecobricks”.

Sosialisasi ini dilakukan oleh tiga Mahasiswa Prodi KSDA yakni Talitha Sisy Felicia, Zikril Hakim, Muhtadin, Tendri, dan Julfiani, serta didukung mahasiswa angkatan 2021 lainnya.

Sebelum memaparkan ecobricks, Talitha dan kawan-kawan terlebih dahulu memaparkan terkait pengertian dan jenis sampah, serta cara mengelolanya.

“Salah satu cara mengelola sampah plastik adalah dengan memanfaatkannya dalam bentuk ecobricks. Apa itu ecobricks? Ecobricks merupakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah anorganik, seperti kantong plastik, bungkus makanan, dan jenis plastik lainnya yang tidak mudah terurai,” jelas Talitha.

Mendukung penjelasan Talitha, Zikril mengatakan bahwa ecobricks dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan dengan mengubahnya menjadi media yang dapat digunakan kembali.

“Ecobricks ini, apabila dibuat sebanyak-banyaknya, dapat dirakit menjadi meja, kursi, atau sofa. Bahkan bisa menjadi pengganti batu bata atau batako untuk membangun rumah,” imbuh Zikril.

Setelah sesi pemaparan materi, Talitha dan kawan-kawan membuka sesi pertanyaan, guna memancing antusias siswa, pemberian rewards diterapkan bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan.