PANGKALPINANG, TIMELINES.ID — Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA meninjau langsung kesiapan pasokan listrik PLN menjelang Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada Kamis 14 Februari 2024.

“Bersama Forkopimda Saya berkunjung ke PLTU Air Anyir sebagai simpul utama distribusi listrik di Babel. Kita di sini untuk memastikan bahwa suplai listrik di Babel selama Pemilu nanti terjamin dan tidak ada gangguan apapun agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar,” katanya usai melakukan peninjauan langsung didampingi GM PLN Wilayah Babel, Mohammad Munief Budiman, di PLTU Air Anyir, Senin (12/2/2024) sore.

Ia mengatakan pasokan listrik di Babel ada 180MW, di mana 50MW itu bersumber dari jalur Sumatera dan 130MW pasokan dari Bangka. Sepanjang sumber listtrik tetap normal, transmisi tidak terputus dan tidak ada gangguan cuaca, untuk kebutuhan masyarakat itu cukup.

“Bebam puncak listrik kita 180MW. Yang jelas untuk kebutuhan kita cukup dan akan berjalan baik jika sumbernya normal, transmisi tidak teeputus dan tidak ada gangguan bencana,” ujarnya.

Sedangkan untuk beberapa daerah yang tidak terjangkau listrik, dapat menggunakan listrik swakelola seperti genset atau diesel karena transmisi pasokan listrik belum sampai ke daerah yang ada di pulau-pulau terkecil itu.