Oleh: Heri Suheri

Tata kota yang harmonis dengan budaya lokal dan modernisasi adalah penting untuk memastikan keberlanjutan dan keseimbangan perkembangan kota.

Dalam konteks kota-kota yang ada di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebuah kota yang kaya akan warisan budaya dan sejarah, penting untuk memastikan bahwa pengembangan tata kota menghormati dan memperkuat nilai-nilai budaya budaya lokal seiring juga mendorong inovasi dan modernisasi tata kota.

Pertama tama, berbagai aspek pembangunan kota harus mencerminkan dan memelihara kearifan lokal. Hal itu mencakup pelestarian situs bersejarah, pemanfaatan arsitektur tradisional dalam pembangunan baru, serta pengembangan ruang publik yang mengakomodasi kebutuhan lokal dan mempromosikan tradisi serta Seni lokal.

Dengan demikian tata kota di kota -kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat menjadi ruang yang mempromosikan identitas uniknya.

Contoh selain bangunan gedung perkantoran pemerintah atau swasta yang menerapkan perpaduan arsitektur budaya lokal dan modern, yaitu ornamen  gerbang batas wilayah kabupaten/kota, taman-taman kota, area publik lainnya ada suatu konsep di dalamnya yaitu konsep perpaduan  warna di kota-kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal ini menunjukan bahwa dalam memperindah tata kota dapat sekaligus memberikan identitas yang kuat bagi warganya. Tentunya masyarakat untuk sinergi mendukung upaya pemerintah dalam menyelaraskan kembali tatanan visual kota dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Tentang penyesuaian warna di kota- kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan kesempatan untuk memberikan sentuhan baru yang membuat kota lebih menarik dan estetik.