Tak hanya itu, anak-anak yang cukup mendapatkan omega-3 juga bermanfaat dalam membantu perkembangan kognitif yang lebih baik, keterampilan komunikasi dan sosial, serta terhindar dari risiko keterlambatan perkembangan.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

Tidak hanya untuk anak-anak, omega-3 juga bermanfaat untuk kelompok dewasa dan lansia. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa asupan omega-3 dinilai dapat membantu mencegah penurunan mental terkait usia, sekaligus menurunkan risiko penyakit Alzheimer.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Omega-3 juga memiliki manfaat penting untuk kesehatan mata. Hal ini dikarenakan jenis omega-3 DHA merupakan komponen struktural utama retina mata. Ketika tidak mendapatkan cukup DHA, kemungkinan ini bisa mengganggu fungsi penglihatan.

Menariknya, seseorang yang cukup omega-3 juga dikaitkan dengan rendahnya terkena risiko degenerasi makula terkait usia, salah satu penyebab utama kerusakan mata permanen dan kebutaan di seluruh dunia.

Baca Juga  10 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan Tubuh, Cocok Untuk Program Diet

6. Mendukung kesehatan kulit

Jenis omega-3 bernama EPA juga memberikan manfaat penting untuk kesehatan kulit. Beberapa manfaat yang didapat, meliputi; meningkatkan hidrasi kulit, melindungi dari penuaan dini kulit, hingga mengurangi risiko jerawat.

7. Menurunkan risiko depresi dan kecemasan

International Journal of Molecular Science mengungkapkan bahwa jenis omega-3 EPA diketahui lebih efektif memperbaiki gejala depresi dibandingkan DHA.

Dalam studi lainnya, orang yang mengonsumsi omega-3 secara teratur cenderung jarang mengalami depresi dan gejala kecemasan yang ditandai dengan perasaan takut, panik, dan gelisah.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menyebutkan bahwa rendahnya asupan omega-3 dapat dikaitkan dengan masalah tidur pada anak-anak, dan obstructive sleep apnea pada orang dewasa. Oleh karena itu, penting memenuhi asupan omega-3, baik dari asupan makanan atau suplemen omega-3.
(Dilansir dari Ayosehat.kemkes.go.id)