BANGKA SELATAN, TIMELINES.ID — Kecamatan Kepulauan Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung banyak menyimpan pesona wisata bahari bagi penyelam.

Pasalnya, di perairan Pulau Pongok dan Celagen sedikitnya terdapat 7 situs bangkai kapal yang berusia ratusan tahun dan telah menjadi terumbu karang.

Dari 7 situs bangkai kapal tersebut terdapat tiga situs yang sering dilakukan penyelaman. Sementara empat situs bangkai kapal lainnya masih akan dieksplore.

Bagi divers, menyelam di bangkai kapal yang telah menjadi terumbu karang mempunyai sensasi tersendiri.

“Di perairan Pongok dan Celagen, kita punya terumbu karang, kita juga punya situs bangkai kapal yang telah menjadi terumbu karang, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi divers” ujarnya mantan Ketua KNPI Basel, M Iqbal beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Water Land Bogor bersama Kecamatan Kepulauan Pongok dan KNPI Basel pernah melakukan penyelaman di situs Batu Mandi Pulau Celagen.

Bahkan Water Land Bogor berencana akan melakukan penyelaman kembali ke perairan Kepulauan Pongok. “Nantinya kita akan fasilitasi mereka, selain itu siswa SMK Pelayaran juga akan mendapatkan sosialisasi tentang pengenalan awal penyelaman juga wawasan tentang bahari lainnya” imbuhnya.

Situs bangkai kapal ini cukup berpotensi untuk dikembangkan sebagai lapangan pekerjaan sebagai Divers Guide (Pemandu Penyelam).

Kecamatan Kepulauan Pongok sangat berpotensi sebagai kepulauan wisata bahari karena juga memiliki potensi perikanan bagi pemancing, kuliner ikan.

Selat Bangka Jadi Kuburan Harta Karun