TIMELINES1.COM, PANGKALPINANG — Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Basarnas Pangkalpinang melaksanakan Siaga SAR Khusus Nataru 2023 dengan menempatkan personel dan alat utama (Alut) SAR di lokasi-lokasi strategis yang rawan terjadinya kecelakaan dan bencana di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Adapun titik-titik yang akan menjadi fokus, yakni pelabuhan, bandara, Posko Terpadu, dan tempat wisata. Demikian disampaikan Kepala SAR Pangkalpinang, I Made Oka.

Pihaknya memprediksikan pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini, terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas perjalanan. Sehingga dengan bertambahnya aktivitas mobilitas masyarakat tinggi maka resiko kecelakaan dalam bertransportasi juga akan semakin tinggi.

“Sehingga Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru 2023 dengan menempatkan personel dan alut di lokasi-lokasi strategis yang rawan laka dan bencana di pelabuhan, bandara, Posko Terpadu, dan tempat wisata,” ucap I Made Oka. Selasa (20/12/2022)

Lanjut I Made Oka, tujuan dari kegiatan Siaga SAR khusus Natal dan Tahun baru yakni mempercepat respon time dan memberikan rasa aman serta aman kepada para masyarakat yang mudik dan merayakan natal dan tahun baru 2023.

Ia menambahkan untuk waktu pelaksanaan Siaga Khusus Natal dan Tahun Baru, yakni 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023,untuk lokasi yakni semua pelabuhan, Bandara, Objek wisata yang ada Bangka Belitung. Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang mengerahkan 68 Personil dengan sarana dan prasarana sebagai berikut:

SARANA LAUT

KN SAR KARNA : 1 Unit

RB 201 : 1 Unit

RIB : 3 Unit