TIMELINES1.COM, BELITUNG – Kurun waktu 36 tahun, warga Pulau Rengit, yang merupakan bagian dari Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hidup tanpa ada aliran listrik. Tercatat ada 43 kepala keluarga yang tinggal di situ.

Kini, warga Pulau Rengit merasakan terangnya malam dari pencahayaan listrik, setelah dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) sebanyak dua unit dengan kapasitas mesin pembangkit sebesar 2x100kVA. 

Salah satu warga, Darsin, mengaku bahwa dirinya sudah tinggal di Pulau Rengit selama 36 tahun dan hari ini dirinya sangat senang serta mengapresiasi dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) ini.

“Saya asli Pulau Rengit. Selama ini belum ada listrik dan hanya mengandalkan genset saja. Dan itu kami susah, Pak. Mau ngecas handphone susah, anak sekolah mau bangun pagi susah karena gelap. Mana harus udah di pelabuhan pukul 5 pagi, karena kalau sekolah harus menyebrang,” ujar Darsin.

Untuk itu, dengan segala keterbatasan selama ini, Darsin menyampaikan terima kasihnya, karena dengan adanya listrik, tentu akan membantu dan memudahkan segala aktivitas bagi masyarakat, terutama nelayan. Karena dulunya, nelayan harus langsung menjual hasil tangkapannya karena tidak ada kulkas atau harus membeli es batu dari seberang terlebih dahulu.

“Terima kasih Bapak Pj Gubernur, Bapak Bupati, dan PLN yang telah mengaliri listrik untuk pulau kami,” kata Darsin.