TEKNOLOGI,TIMELINES1.COM- Di zaman yang serba cepat tentunya setiap waktu akan sangat berharga, tidak terkecuali saat mendownload sebuah aplikasi di laptop.

Bagi yang sehari-hari bekerja dengan menggunakan laptop, tentunya ada kalanya membutuhkan sebuah aplikasi secara mendadak.

Namanya mendadak gak enak dong, kalau proses downloadnya lama. Nah untuk menghindarinya, dilansir dari Rajakomen.com ini tips download aplikasi secara cepat.

 

Pilih Operator Internet Terbaik

Memang tidak bisa dipungkiri, pengguna internet semakin lama semakin meningkat. Peningkatan ini ternyata memberikan dampak yang cukup signifikan pada kecepatan download data. Semakin banyak yang menggunakan, kecepatan internet jadi semakin menurun. Apalagi jika Anda harus berbagi jaringan internet, kecepatan pasti terbagi.

Supaya mendapatkan kualitas internet yang tetap baik dan proses download aplikasi cepat walau harus berbagi, pilihlah operator internet terbaik di wilayah Anda. Kualitas jaringan internet biasanya berbeda-beda dari satu daerah ke daerah lainnya sehingga tetap Anda harus menyesuaikan dengan jaringan terkuat di wilayah Anda.

 

Dekatkan Perangkat dengan Sumber Internet

Perangkat pemancar internet memiliki jarak jangkauan tertentu. Sekali pun Anda berada di dalam satu rumah atau satu lantai, belum tentu kualitas internet yang diterima sama. Apalagi jika Anda mengandalkan internet wifi dari ponsel yang jangkauannya lebih sempit dari modem atau pemancar internet lainnya.

Sebagai solusi dari masalah ini, Anda hanya perlu mendekati sumber internet supaya mendapatkan sinyal yang lebih kuat. Apabila kualitas sinyal internet baik, maka dijamin kecepatan unduhan aplikasi di laptop Anda akan meningkat. Tidak perlu lagi menunggu unduhan selama puluhan menit bahkan berjam-jam.

 

Matikan Auto Update

Laptop Anda tentunya sudah memiliki beberapa aplikasi yang terpasang. Aplikasi-aplikasi tersebut terkadang diatur secara otomatis untuk melakukan auto update ketika terhubung dengan internet. Apabila Anda ingin proses download aplikasi cepat, ada baiknya untuk menon-aktifkan pengaturan auto update pada aplikasi yang ada.

Apabila ada aplikasi lain yang melakukan update bersamaan dengan proses pengunduhan maka kecepatannya akan melambat karena terbagi dengan proses lainnya. Atur semua aplikasi yang ada ke mode update manual sehingga peningkatannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

 

Unduh Satu Per Satu

Anda ingin mengunduh beberapa aplikasi, lalu memutuskan mengunduh semuanya bersamaan. Jika Anda melakukan pengunduhan dengan cara seperti ini, bukannya mendapatkan aplikasi secepatnya, justru proses unduhan yang dilakukan akan berjalan sangat lambat karena harus mengambil data yang banyak sekaligus.