BANGKA BELITUNG, TIMELINES1.COM – Dewan Komisaris Mining Industry Indonesia (MIND ID) untuk meninjau Ausmelt PT Timah Tbk, di Kawasan Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (26/1/2023).

 

Rombongan Dewan Komisaris MIND ID  yang dipimpin oleh Doni Monardo selaku Komisaris Utama langsung dibawa menuju Control Room. Tampak ruang dengan pembatas kaca ini dilengkapi dengan beberapa perangkat lunak sebagai salah satu bentuk digitalisasi yang dioperasikan oleh operator untuk memantau serta  proses peleburan di Unit Metalurgi PT Timah Tbk.

 

Usai meninjau control room, dewan komisaris MIND ID kemudian dibawa meninjau gudang guna melihat hasil proses peleburan berupa balok timah.

 

Komisaris Utama MIND ID, Doni Monardo menuturkan kunjungan ini merupakan salah satu bentuk  dukungan  atas komitmen PT Timah Tbk dalam pengembangkan teknologi terbaru pengolahan dan pemurnian mineral timah kadar rendah dengan menggunakan teknologi furnace ausmelt serta pengembangan teknologi pengolahan mineral tanah jarang yang memiliki nilai strategis dan ekonomis yang tinggi.

 

“Kami sekarang berpikir bagaimana caranya, jangan sampai nanti mineralnya habis, manfaat untuk rakyat tidak ada. Jadi sekarang kita merancang sebuah program yang berkelanjutan sebagai program pasca tambang salah satunya reklamasi dengan tanaman tertentu, yakni pohon sapu sapu yang setelah kita tinjau, banyak didapati di sini. Nah, kita akan manfaatkan itu dengan memfasilitasi pelatihan dan pendampingan hingga alat-alat penyulingan untuk memproduksi minyak atsiri dari pohon sapu-sapu yang memiliki nilai ekonomisnya tinggi,” ucapnya.