NASIONAL. TIMELINES1.COM – Keputusan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di penghujung tahun 2022 lalu, memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

 

Sebulan setelah kebijakan tersebut dicabut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) mencatat sejumlah indikator pariwisata mengalami kenaikan. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

 

“Setelah 1 bulan PPKM dihentikan maka aktivitas ekonomi khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat secara signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai angka 80 sampai 90 persen di beberapa destinasi, dan untuk destinasi favorit: Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100 persen,” ujar Sandiaga Uno, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, (30/01/2023).

 

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menjelaskan bahwa pemerintah juga menaikkan target pasar wisatawan mancanegara secara signifikan pada tahun 2023 melalui beberapa kebijakan, antara lain penambahan jumlah penerbangan. Disamping itu, pemerintah juga berupaya mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

 

“Tadi Bapak Presiden memberikan arahan agar pembangunan di KEK Kawasan Ekonomi Khusus pariwisata dipercepat sehingga terciptalah peluang usaha dan lapangan kerja,” imbuhnya.