PENDIDIKAN, TIMELINES1.COM – Kepengen masuk kuliah di universitas perguruan tinggi terbaik di dunia. Ternyata, di Indonesia sendiri ada lho 10 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) terbaik di dunia.

 

Baru-baru ini Webometrics Ranking Web of Universities merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) pun berhasil masuk dalam daftar tersebut. 

 

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi di dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator: openness, excellence, dan visibility.

 

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. 

 

Berikut 10 PTKN terbaik versi Webometrics Januari 2023: 

 

  1. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung)

 

UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi PTKN terbaik se-Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics. Dalam pemeringkatan tersebut, diketahui juga bahwa universitas yang berlokasi di Jalan A.H. Nasution no. 105, Cibiru, Bandung ini berada pada ranking ke-3.329 dunia versi Webometrics. Peringkat ini naik dibanding saat rilis Juli 2021 yang berada di ranking ke-3.913

 

Informasi selengkapnya tentang universitas yang memiliki sembilan fakultas ini dapat diakses pada laman https://uinsgd.ac.id/. 

 

  1. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (UIN Syahid Jakarta)