GAYAHIDUP,TIMELINES1.COM- Berada di lingkungan toxic tentunya lambat laun akan membuat kita akan pusing atau stres, namun bagaimana jika lingkungan toxic itu sehari-harinya harus kamu hadapi?.

Dilansir dari Fimela.com, berikut ini empat cara agar kamu dapat menghindari orang toxic yang hanya memberikan dampak buruk bagi kamu.

1. Kenali ciri-ciri dan perilaku orang-orang yang merugikan kamu

Tak kenal, maka tak sayang. Kamu harus mengenali perilaku buruk dari orang-orang yang merugikan dan menyakiti secara mental maupun fisik dalam jangka panjang.

Kamu juga perlu mengenali apabila seseorang lebih banyak merugikanmu untuk mengetahui apakah mereka termasuk orang yang toxic. Perilaku buruk dapat mempengaruhi kesehatan mental bila dibiarkan dalam jangka panjang. Jadi, hati-hati dan kenali!

2. Tetapkan batas-batas hubungan pada orang-orang toxic

Tidak harus dijauhi, tetapi kamu dapat menetapkan batasan pada orang-orang toxic supaya mereka mengetahui apa yang seharusnya tidak lakukan kepada dirimu. Dengan memberi batasan, orang-orang dapat belajar dari kesalahan mereka dan merefleksikan diri mereka, sehingga mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama berkali-kali.

Menetapkan batasan juga dapat melindungi diri kamu dari perilaku-perilaku yang akan merugikanmu. Jangan ragu untuk menentukan batasanmu demi kesehatan mentalmu.