BANGKA BELITUNG, TIMELINES.ID – Tercatat 24 rumah warga dan 2 fasilitas umum rusak dalam peristiwa angin puting beliung yang melanda beberapa titik wilayah di Kabupaten Bangka Sabtu (15/4/2023) hingga Minggu (16/4/2023).

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka peristiwa bencana alam yang terjadi dua hari terakhir berupa hujan deras, petir, angin kencang dan pohon tumbang.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Ridwan kepada timelines.id Minggu (16/4/2023) malam mengatakan empat Kecamatan di Kabupaten Bangka mengalami peristiwa yang menyebabkan rumah warga rusak.

“BPBD Kabupaten Bangka berkoordinasi dengan aparat setempat dan melakukan kaji cepat. Team URC BPBD BANGKA berkoordinasi dengan korban terdampak untuk mendata kerugian akibat angin puting beliung dan membantu warga terdampak dalam membersihkan sampah sisa puing serta memberikan bantuan buffer stock, terpal,” jelasnya saat dihubungi melalui pesan WhatsApp Minggu malam tadi.

Dari data tercatat 2 rumah kategori rusak ringan, 22 rumah rusak berat dan 2 fasilitas umum rusak sedang. Kecamatan Merawang 1 rumah warga rusak tersambar petir. Di Kecamatan Sungailiat 7 rumah warga rusak dan 9 booth Tenda UMKM serta 3 etalase rusak akibat amukan angin kencang. Di Kecamatan Riau Silip tercatat 14 rumah rusak. Di Kecamatan Pemali tercatat 3 rumah rusak.

KERUGIAN MATERIL

A. Kecamatan Merawang

1 rumah dengan kerugian

Asbes 8 kaki 20 Lembar

B. Kecamatan Sungailiat

6 rumah dengan kerugian

Asbes 10 kaki 30 Lembar

Asbes 8 kaki 14 Lembar

Kayu balok bulat 14 batang

Rabung 5 keping

3 etalase bot jualan

9 tenda bot jualan