BANGKA BARAT, TIMELINES.ID – Menara Suar atau Mercusuar Tanjungkalian Muntok di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Pasalnya, selain memiliki nilai sejarah yang sakral bagi perjuangan dan kemerdekaan Indonesia, lokasi ini juga berdampingan langsung dengan pantai yang memiliki panorama indah, eksotis, sejuk dan memesona.

Tanjung Kalian Lighthouse atau mercusuar legendaris dibangun oleh Belanda di tahun 1862. Secara penampakan, mercusuar setinggi 65 meter yang berdampingan pula dengan Pelabuhan Tanjung Kalian ini masih asli dan tidak pernah dipugar.

Disebutkan, hanya beberapa kali dicat ulang. Kondisinya masih kokoh dan masih digunakan sebagai menara pengamatan oleh para nahkoda yang hendak berlayar. Sayang, keunikan dan keindahan tempat sakral ini dinilai kurang ditata kelola dengan baik.

Khususnya pada hamparan bagian luar halaman mercusuar. Seperti dikatakan salah seorang pengunjung asal Kota Pagaralam, Aleks. Saat dikonfirmasi, ia kebetulan sedang ada kegiatan di Pulau Bangka dan menyempatkan singgah ke bangunan mercusuar ini.

“Mercusuar ini sangat ikonik bisa saya katakan. Karena posisinya dekat sekali dengan pelabuhan sebagai salah satu pintu masuk Pulau Bangka dari Pulau Sumatera. Tapi sudah sekian kali saya ke sini seperti tidak ada penataan yang baik,” ujarnya, Minggu (11/2/2024).