Oleh: Tri Worosetyqaningsih, M.Pd

Mungkin belum banyak yang tahu apa itu sekolah siaga kependudukan karena di Kabupaten Sleman belum semua sekolah termasuk di dalamnya SMP Negeri 1 Seyegan. SMP Negeri 1 Seyegan saat ini merupakan Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna. Apa itu Sekolah Siaga Kependudukan?

Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) adalah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa mata pelajaran sebagai pengayaan materi pembelajaran, di mana di dalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik sebagai upaya pembentukan generasi berencana, agar guru dan peserta didik dapat memahami isu kependudukan dan guru mampu mengintegrasikan isu kependudukan ke dalam pembelajaran.

SMP Negeri 1 Seyegan sebagai lembaga yang mengimplementasikan pengendalian kependudukan dan keluarga berencana melalui program-program pendidikan, dalam penyelenggaraan pendidikan melalui pemberdayaan sekolah memberikan kemudahan atau akses terhadap anak didik untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan khusus bidang kependudukan dan keluarga berencana.

Latar belakang pembentukan SSK ini tidak lepas dari upaya pemerintah dalam mensikapi akan datangnya era Bonus Demografi di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2035 mendatang. Pada era itu, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) proporsinya lebih dari 50 persen dibandingkan dengan kelompok usia non produktif (0-14 tahun dan > 65 tahun).

Pada era ini harus disiapkan generasi yang berkualitas, agar tenaga kerja yang melimpah pada saat ini mampu membawa berkah bukan malah menjadi bencana. Apalagi realitanya saat ini masih banyak persoalan kependudukan yang dihadapi Indonesia.

Tujuan yang diharapkan dengan adanya program SSK di SMP Negeri 1 Seyegan tentu saja selain memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal siswa yang terletak di daerah kawasan wisata Kaliurang yang berpengaruh besar, juga menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan.