BANGKA BARAT, TIMELINES.ID– Kolam retensi yang berada di Kampung Ulu, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) disorot  warga setempat usai beberapa keping panel beton dinding penahan air amblas.

Berdasarkan informasi, amblasnya sisi bawah panel beton itu terjadi pada Jumat (16/2/2024) kemarin. Diduga, dinding tersebut amblas lantaran tidak dibangun dengan pondasi yang kuat dan asal tempel dengan batu alam yang ada di atas permukaan tanah.

“Kalau setelah kita lihat kondisinya itu, pekerjaannya hanya menumpang di atas batu alam yang sudah ada,” ujar salah seorang warga Kampung Ulu, M Rusdi Anwar saat dikonfirmasi sejumlah wartawan pada Selasa (20/2/2024) pagi di kediamannya.

Secara logika orang awam, proyek itu dibangun dengan cara-cara yang tidak masuk akal sehingga mengakibatkan tanggul roboh. Padahal, proyek sebesar Rp6,8 miliar yang didanai oleh Pemprov Babel tahun anggaran 2023 ini baru beberapa bulan rampung.

“Ini seperti bom waktu, boleh panggil orang ahli, bakalan jebol semua pasti, bukan mendahului takdir tuhan karena buktinya hujan kemarin jebol. Padahal baru jadi, sudah begitu, gimana kalau ada hujan seperti tahun-tahun lalu yang besar dan berhari-hari,” ujarnya.