Menurut pandangan saya, untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan langkah-langkah strategis yang melibatkan semua pihak. Pemerintah dan sektor swasta harus bekerja sama untuk memastikan pemerataan akses teknologi. Misalnya, menyediakan perangkat yang terjangkau dan memperluas jaringan internet ke daerah-daerah terpencil. Selain itu, saya merasa penting bagi sekolah untuk memberikan pendidikan literasi digital. Siswa perlu diajarkan cara menggunakan teknologi secara bijak dan bertanggung jawab, agar mereka dapat memanfaatkannya dengan baik.

Guru juga memegang peranan penting dalam hal ini. Dalam pandangan saya, guru harus mendapatkan pelatihan yang memadai agar mampu memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk mendukung proses pembelajaran. Di sisi lain, peningkatan infrastruktur sekolah, seperti pengadaan perangkat keras dan penguatan koneksi internet, juga sangat penting. Terakhir, saya percaya bahwa kebijakan yang ketat terkait keamanan data siswa harus diterapkan. Kita tidak boleh mengabaikan pentingnya melindungi privasi dan keamanan data siswa.

Saya optimis bahwa dengan pendekatan yang inklusif dan kolaboratif, teknologi dapat menjadi alat yang ampuh untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih inovatif dan efektif. Jika kita dapat memanfaatkan teknologi dengan bijaksana, saya yakin kita dapat membekali generasi muda dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi masa depan yang semakin dinamis.

Referensi

Bray, A., Devitt, A., Banks, J., Fuentes, S. S., Mena, M. S., Riviou, K., Byrne, D., Flood, M., Reale, J., & Terrenzio, S. (2023). What Next for Universal Design for Learning? A Systematic Literature Review of Technology in UDL Implementations at Second Level. British Journal of Educational Technology, 55(1), 113–138. https://doi.org/10.1111/bjet.13328

Fu-hai, A., Xi, L., & Yu, J. (2023). The Relationship Between Technology Acceptance and Self-Regulated Learning: The Mediation Roles of Intrinsic Motivation and Learning Engagement. Education and Information Technologies, 29(3), 2605–2623. https://doi.org/10.1007/s10639-023-11959-3

Kannan, S., & Ramakrishnan, K. (2023). Impact of Mobile Technology on Collaborative Learning in Engineering Studies. European Journal of Educational Research, volume–12–2023(volume–12–issue–1–january–2023), 397–406. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.1.397

Weni Weryani, Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Bangka Belitung