TIMELINES1.COM, PANGKALPINANG — Salah satu dukungan terhadap keputusan KPU dan Bawaslu RI datang dari Pimpinan Daerah Perhimpunan Pergerakan Indonesia Bangka Belitung. Diketahui, KPU RI akan mengumumkan parpol peserta pemilu serentak 2024 pada 14 Desember besok.


Wakil Ketua PD PPI Babel, Al Mahdi mengapresiasi kinerja KPU dan Bawaslu selama ini. Menurut dia, penyelenggara sudah berupaya secara terukur dan berkualitas menjalankan fungsinya. Bahkan mereka sudah turun sampai level bawah untuk melakukan verifikasi dan faktualisasi di lapangan.


Untuk itu, jika hasilnya masih ada yang intervensi, maka KPU dan Bawaslu harus tegas melawannya. Bagaimanapun penyelenggara pemilu ini bersifat mandiri dan independen dalam melaksanakan tugas-tugasnya.


“Jangan sampai ada yang intervensi dan mau mendegradasikan hasil kerja KPU dan Bawaslu selama ini,” jelasnya kepada Timelines1.com, Selasa (13/12/2022) malam.


Mereka siap mengawal para penyelenggara dan berharap mereka terus kuat dan teguh dalam setiap keputusan. Sebagaimana diketahui, ada ada 18 parpol yang dinyatakan lolos tahap verifikasi administrasi pada 14 September 2022. Sembilan parpol adalah partai parlemen yang merujuk pada Undang-Undang (UU) Pemilu dan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI Nomor 55 Tahun 2020 tidak perlu lagi di-Verfak untuk ditetapkan sebagai peserta Pemilu.