TIMELINES1.COM, PANGKALPINANG — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pangkalpinang akan menyiapkan lima posko pemantauan arus lalu lintas saat masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Sejumlah personel juga disiapkan untuk menempati tiga posko pengamanan dan dua posko pelayanan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, Ubaidi sebanyak 60 orang personel akan ditempatkan mengisi 5 posko tersebut. Posko pelayanan akan ditempatkan di dua titik Pelabuhan Pangkalbalam dan juga Bandara Depati Amir. Sementara posko pengamanan di tiga titik Jalan Raya Selindung, Jalan Mentok dan Pos Kota Pangkalpinang.

Ubai menjelaskan setiap posko ada 10 personel Dishub. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 25 hingga 27 Desember para personel Dishub akan stand by di beberapa gereja di Kota Pangkalpinang. 

“Tanggal 22 Desember 2022 nanti akan kita gelar pasukan. Kita akan stand by hingga 2 Januari mengawal pelaksanaan natal dan tahun baru hingga Food Millenial Festival,” jelas Ubaidi ditemui Timelines1.com, Selasa (20/12/2022).

Untuk kegiatan FMF, pihaknya juga akan menutup jalur kendaraan sekitar Alun-alun Taman Merdeka. Hal ini diperuntukkan sebagai tempat parkir seperti FMF pada HUT Pangkalpinang lalu. Personel juga akan ditambah untuk pelaksanaan nataru dan even FMF hingga 30 personel. 

Lebih jauh, terkait pengalihan arus menurut Ubai tergantung situasi dan kondisi di lapangan. Pasalnya di tahun lalu juga tidak ada rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan nataru. Namun tidak menutup kemungkinan dilakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kemacetan parah.

“Selama ini juga untuk pengalihan arus juga nggak ada, tapi tidak menutup kemungkinan kalau misalnya memang harus merekayasa lalu lintas kita lakukan,” ujarnya.