NASIONAL,TIMELINES1.COM- Yusril Ihza Mahendra namanya kini sedang mencuat, usai disebut Presiden Joko Widodo layak untuk maju sebagai calon presiden atau calon wakil presiden 2024.

Diketahui ucapan Presiden Joko Widodo dilontarkan saat menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) Partai Bulan Bintang (PBB) pada 11 Januari 2023 lalu.

“Kalau menyimak apa yang disampaikan Prof Yusril tadi, dengan pengalaman yang begitu panjang. Saya mendukung loh kalau Prof Yusril di 2024 nanti, dicalonkan jadi Presiden atau Wakil Presiden,” ucap Joko Widodo yang langsung disambut meriah peserta yang hadir.

Orang nomor satu Indonesia ini juga mengungkapkan PBB telah menjadi bagian perjalanannya politiknya, usai pada saat Joko Widodo maju sebagai Walikota dan Presiden PBB selalu mendukungnya.

“Ini serius, tugasnya PBB mencari kendaraan supaya bisa sampai 20 persen. Begitu dapat kendaraan, saya dukung,” ucapnya.

Lantas siapakah sosok Yusril Ihza Mahendra?, dilansir dari Kompas.com berikut profil pria yang lahir di Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung pada 5 Februari 1956.

 

Profil Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra lahir pada 5 Februari 1956 di Lalang, Manggar, Belitung Timur dari pasangan Idris Haji Zainal dan Nursiha Sandon.

Darah Minangkabau begitu kental dalam dirinya lantaran garis keturunan ini diwariskan oleh sang ibu. Dikutip dari Kompaspedia, ibu Yusril datang dari Payakumbuh, Sumatera Barat namun sang nenek memutuskan pindah ke Belitung dari Minangkabau.

Sementara itu, ayah Yusril ternyata mempunyai keluarga yang berasal dari Johor, Malaysia dan sudah tinggal di Belitung sejak awal abad ke-19.

Ia bekerja menjadi guru dan dikenal juga sebagai sutradara teater tradisional, penulis novel, ulama berhaluan moderat, penulis naskah, aktivitas Partai Masyumi, dan seniman.