BANGKA BELITUNG, TIMELINES1.COM – Investor asing asal Republik Rakyat Tiongkok Xinyi Glass Holdings Limited yang bergerak di bidang produksi kaca float, kaca mobil, dan kaca konstruksi ini akan menanamkan investasi di Bangka Belitung dengan nilai fantastis sebesar Rp100 Triliun.

 

Demikian hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Darlan di Pangkalpinang, Kamis (2/2/2023).

 

“Xinyi Group ini berencana akan investasi di kita untuk mengolah pasir kuarsa menjadi bahan energi terbarukan. Mereka akan membangun pabrik kaca dan panel surya yang bahan baku utamanya adalah pasir kuarsa di Belitung,” ujar dia.

Baca Juga  Lahan Kritis di Babel Capai 64 Ribu Hektare, Begini Respon Pj Gubernur?

 

Menurut dia, investasi ini rencananya akan berada di  Tanjungpandan Belitung karena potensi hilirisasinya ada di daerah itu. Untuk kewenangan perizinannya ada di Pemerintah Pusat, Pemprov Babel dalam hal ini hanya memfasilitasi dan mendukung penuh rencana investasi ini karena sebelumnya sudah ada kunjungan dari perusahaan Xinyi tersebut.

 

“Targetnya kapan itu mereka yang menentukan, kita cukup senang dengan ada niat mereka untuk berinvestasi disini. Kita cukup melihat sisi positifnya saja dan kita akan memberikan berbagai kemudahan untuk mereka bisa berinvestasi di Babel,” tukasnya.

 

Baca juga: https://timelines.id/2023/02/03/tahun-2022-ada-1-397-izin-usaha-yang-diterbitkan-dpmptsp-bangka-belitung/

 

Sebelumnya,  Sepanjang 2022, ada 1.397 perizinan usaha yang diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Izin yang diterbitkan tersebut terdiri dari 15 sektor bidang usaha. Demikian diungkapkan Kepala DPMPTSP Babel, Darlan.

Baca Juga  Polisi Tangkap Pelaku Pencurian Jerigen Berisikan Puluhan Liter Solar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat