KESEHATAN,TIMELINES1.COM- Bunda yang gemar makan es krim tentunya akan dibuat pusing saat sedang hamil, terlebih ada orang tua yang tak sedikit melarang untuk menikmati dingin dan manisnya rasa es krim dengan berbagai alasannya.

Kalau bunda dalam kondisi itu gimana ya? lalu apakah es krim benar-benar tidak diperbolehkan dikonsumsi saat hamil?

Dilansir dari Hellosehat.com, Es krim boleh dan aman dikonsumsi selama kehamilan. Jadi, makanan ini tidak termasuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Meski begitu, ibu hamil tidak boleh makan es krim secara berlebihan. Pasalnya, tidak hanya memicu masalah tenggorokan, gula berlebihan dari es krim juga dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes gestasional.

Selain itu, mengonsumsi gula berlebih saat hamil juga diketahui dapat menghambat perkembangan otak janin dan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat besar (makrosomia).

Tidak hanya dalam jumlahnya, ibu hamil juga harus lebih berhati-hati saat membeli es krim. Pastikan bahwa es krim tersebut terbuat dari susu pasteurisasi dan tidak mengandung alergen (zat pemicu alergi).

Sesuai dengan informasi pada laman Pregnancy Birth Baby, susu yang belum melalui proses pasteurisasi termasuk dalam daftar makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil.

Aturan makan es krim untuk ibu hamil

Supaya ibu bisa menikmati es krim dengan aman, ada beberapa tips yang sebaiknya Anda ikuti saat memilih salah satu makanan yang paling banyak dicari saat ngidam ini.

1. Pilih es krim dari susu pasteurisasi

Kebanyakan es krim yang dijual di pasaran saat ini sebenarnya sudah dibuat dengan susu pasteurisasi. Namun, tidak ada salahnya untuk kembali membaca komposisi bahan pada kemasan untuk memastikannya.

Konsumsi susu mentah pada ibu hamil dapat membahayakan ibu hamil dan janin. Salah satu dampaknya yakni infeksi toksoplasmosis yang dapat menghambat pertumbuhan janin.

2. Batasi konsumsi es krim

Seperti yang sudah disebutkan, mengonsumsi banyak es krim berarti menambah asupan gula untuk ibu hamil. Padahal, konsumsi gula berlebih saat hamil dapat membahayakan kesehatan janin.

Selain memerhatikan kandungan gulanya, Anda juga sebaiknya memilih es krim dengan rasa buah-buahan. Pasalnya, es krim dengan rasa cokelat atau kopi memiliki tambahan kafein di dalamnya.